Beternak Bebek

Beternak Bebek - Ternak bebek waktu ini semakin terkenal. Permintaan terhadap daging bebek terus bertambah. Dahulu peternak bebek lebih memfokuskan pada produksi telur, sedangkan daging hanya sebagai produk samping. Daging bebek dipanen sehabis masa produktifitas bertelurnya habis. Sekarang masyarakat kita sudah banyak ternak bebek yang berorientasi pada daging. Dan Telur hanya sebagian.

Masyarakat umum umumnya menduga sama antara itik & bebek. Padahal sebenarnya masih ada sedikit disparitas antara itik menggunakan bebek. Itik memiliki karakteristik tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya menyerupai botol & gerakannya lincah. Sedangkan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal & gerakannya lamban. Tetapi dalam ulasan kali ini, kita tidak membedakan antara itik dan bebek, mengingat secara generik proses budidayanya sangat sama dan hampir mirip.

Beternak Bebek

Beternak Bebek
Dewasa ini telah tersedia bebek khusus pedaging dan bebek petelur. Tetapi dalam kenyataannya peternak pada Indonesia membudidayakan bebek buat diambil keduanya, baik telur juga dagingnya. Tidak seperti ternak ayam yg telah sangat khusus dan tidak bisa disamakan antara budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Mengenal jenis-jenis bebek


Bebek Jawa

Bebek jawa merupakan bebek lokal asi Indonesia. Bebek ini banyak dibudidayakan pada Pulau Jawa. Sebagai bebek lokal, bebek jawa relatif produktif pada membuat telur. Dalam setahun bebek ini bisa bertelur 250-300 buah. Bebek mulai bisa bertelur dalam umur lima-6 bulan, & tetap produktif hingga umur 2 tahun. Pada masa 2 tahun maka bebek jawa akan di gunakan sebagai bebek pedaging

Bebek Kalimantan

Bebek Kalimantan atau dikenal pula menggunakan nama alabio merupakan salah  satu jenis bebek yg banyak dibudidayakan. Sebenarnya ada jenis bebek kalimantan lain yakni bebek nunukan. Tetapi tidak begitu terkenal dibanding bebek alabio. 

Bebek Alabio berukuran tubuhnya lebih akbar dibanding bebek jawa. Bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu di bagian sayap, dada, leher & kepala berwarna hitam. Bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio lebih akbar dibanding bebek Jawa. Kemampuan bertelur bebek ini berkisar 150-225 butir per tahun.

Bebek Bali

Sesuai namanya bebek ini asal menurut Bali. Konon awalnya berupa bebek liar yg didomestikasi petani setempat buat dijinakan. Bebek bali dahulunya adalah bebek yang hidup bukan untuk di budidayakan. Setelah lama kelamaaan bebek jenis ini sudah banyak di ternak.

Bebek bali mempunyai warna tubuh yg majemuk. Kemampuan bertelurnya lebih sedikit dibanding bebek jawa & bebek alabio, sekitar 140-145 buah per tahun. Bebek bali baru sanggup bertelur dengan normal selesainya berumur 23-24 minggu.

Indian Runner

Bebek indian runner dari berdasarkan Belanda & Belgia. Bebek jenis ini cocok dibudidayakan di ikilm Indonesia. Bahkan poly yang menduga menjadi bebek orisinil Indonesia. Bentuk tubuh bebek indian runner mirip menggunakan bebek jawa, ramping & berjalan tegak misalnya botol. Warna tubuhnya agak coklat. Produksi telurnya 150-250/trend
.
Bebek pedaging

Disamping jenis-jenis bebek pada atas, masih ada bebek banyak sekali jenis bebek pedaging. Atau biasa jua dianggap bebek, yakni bebek peking, bebek aylesbury & bebek muscovi. Di dalam berternak Bebek Pedaging maka masa starter bebek sangatlah krusial

Persiapan sangkar bebek

Ternak bebek bisa dilakukan dengan metode penggembalaan atau metode sangkar. Di tengah semakin sulitnya lahan penggembalaan, sekarang para peternak poly yang beralih ke sistem sangkar. Telah banyak peternak yang pertanda dengan sistem sangkar, budidaya bebek tetap produktif bertelur. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan pada bisnis ternak bebek.

A. Metode budidaya

Seperti sudah disinggung sebelumnya, masih ada dua metode ternak bebek yakni metode penggembalaan & metode kandang. Kedua metode tersebut memilik plus minusnya sendiri-sendiri. Metode penggembalaan poly digunakan sang para peternak tradisional, contohnya para peternak pada daerah pantai utara Jawa.

Dengan sistem penggembalaan pengeluaran buat pakan bisa lebih irit. Bebek mencari sendiri pakan yg ada pada alam, misalnya tumbuh-tumbuhan, cacing dan lain sebagainya. Biasanya kualitas telur yang dihasilkan dengan sistem penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. Jika diolah sebagai telur asin sangat baik.

Hanya saja metode ini belum tentu mampu diaplikasikan pada semua tempat. Mengingat semakin terbatasnya lahan & tenaga kerja penggembala yang sulit didapat, metode ini semakin tidak populer. Di sisi lain, metode budidaya dengan sangkar telah semakin maju. Beberapa praktek ternak bebek pada sangkar memberitahuakn produktivitas yg nir kalah baik. Kualitas telur yg dihasilkan bisa dikontrol dengan hadiah pakan yg sempurna. Terdapat beberapa tipe sangkar untuk ternak bebek, berikut penjelasannya:

Kandang tipe pekarangan. Tipe kandang ini berupa pekarangan yg sekelilingnya di pagari. Bebek beraktivitas misalnya makan, minum, berenang dalam lingkungan tersebut. Kandang ini bersifat terbuka, namun disediakan kandang buat berteduh. Bila malam datang atau hujan, bebek bisa masuk buat berteduh ke dalam kandang.

Kandang terkurung atau tipe postal. Berupa sebuah bangunan besar  yg mimiliki atap dan dinding. Dinding biasanya terbuat dari terali bambu. Bebek dibiarkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang ditempatkan berbagai fasilitas seperti tempat pakan, minum atau jika memungkinkan kolam berenang. Dasar sangkar mampu berupa tanah atau semen yang ditaburi sekam padi.

Kandang tipe baterai. Dalam kandang ini 1-dua bebek ditempatkan dalam kotak yg terpisah. Biasanya dibuat berdasarkan kisi-kisi bambu, seperti pada budidaya ayam petelur intensif. Kandang tipe baterei bisa ditempatkan di dalam atau luar ruangan. Dengan tipe kandang baterai, tidak disediakan kolam buat berenang.

B. Memilih tipe kandang ternak bebek

Tipe sangkar seperti apa yang cocok buat aku ?Mungkin itu pertanyaan yg terdapat di benak pembaca. Pemilihan tipe kandang sangat terkait dengan ketersediaan asal daya misalnya, lokasi, luas huma, energi kerja & kapital. Berikut hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan tipe sangkar.

Jika huma yang tersedia relatif luas mampu dipertimbangkan kandang tipe pekarangan. Kandang ini memerlukan lahan yg luas, tetapi investasi buat pembuatan sangkar sanggup ditekan lantaran kegiatan bebek akan dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan cocok diterapkan dalam terak bebek semi intensif.

Jika lahan yg tersedia terbatas, mampu dipertimbangkan tipe sangkar terkurung atau tipe baterai. Kandang tipe ini nisbi tidak memerlukan lahan luas, namun porto pembuatan kandangnya relatif akbar. Kandang tipe ini cocok buat budidaya intensif.

Pertimbangkan juga tujuan ternak bebek. Jika penekanan pada produksi telur & daging, sistem tekurung & baterai mampu digunakan. Tetapi jika bertujuan buat pembibitan/reproduksi, sebaiknya pertimbangkan tipe pekarangan atau kandang terkurung, dimana di dalamnya disediakan fasilitas kolam buat berenang.

Memilih bibit bebek

Untuk output ternak bebek yg aporisma, sebaiknya muai dengan memilih bibit yg baik. Ada tiga cara buat menerima bibit bebek, yakni:

Membeli telur tetas berdasarkan induk bebek yg terbukti kualitasnya. Telur ditetaskan sendiri menggunakan inkubator.

Memproduksi sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. Hal ini sanggup dilakukan bila kita mempunyai bibit yang berkualitas, & pula memiliki fasilitas pembibitan sendiri.

Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lain.

Pakan ternak bebek

Ternak bebek baik buat tujuan peterlur atau pedaging perlu pakan yang berkualitas. Pada bebek petelur, kualitas telur yg dihasilkan tergantung dengan jenis pakan yg diberikan. Berikut ini jenis-jenis pakan bebek.

A. Jenis pakan

Terdapat dua jenis pakan ternak bebek, yakni pakan alami dan pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami sanggup berupa keong & kepaa udang. Sedangkan pakan konsentrat dapat pada beli dipabrik, atau buat menghemat sanggup diramu sendiri.

Bila kita membeli pakan dari pabrik, setidaknya terdapat tiga jenis pakan buat masing-masing fase pertumbuhan. Fase awal diperuntukan bagi bebek berumur 0-8 minggu, fase grower buat umur 8-18 minggu dan fase layer umur 18-27 minggu. Pakan fase awal setidaknya memiliki kandungan protein 20-22%, fase grower 17-19% & fase layer 15-17%.

Pakan konsentrat mampu diramu menurut berabagi bahan. Syaratnya ramuan tersebut memenuhi kandungan protein minimal dan cocok buat pakan unggas. Berikut keliru satu model pakan konsentrat yg diramu sendiri.

Bahan baku Awal (%) Grower (%) Layer (%)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5
Sumber: Cahyo Saparinto (2013), Grow your own animal farm.
b. Cara pemberian pakan
Cara memberikan pakan pada bebek yang baru netas hingga berumur 21 hari sebaiknya disajikan dalam baki pakan (tray feeder). 

Sedangkan untuk bebek di atas 21 hari bisa disebar dilantai dan diberikan secara terus menerus. Demikian juga dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari sebaiknya tambahkan vitamin pad air minum. Selanjutnya air minum disediakan dalam wadah khsus di dalam kandang secara terus menerus. Berikut ini tabel jumlah pakan ternak bebek:

Umur (minggu) Jumlah (gram) Umur (minggu) Jumlah (gram)
        1 15                 12                        76
        2 30                 13                        76
        3 40                 14                        70
        4 60                 15                        70
        5 65                 16                        80
        6 70                 17                        80
        7 70                 18                        85
        8 72                 19                        90
        9 74                 20                        90
      10 74                 21                        90
      11 75                 22                        100

Beternak Bebek


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Bunga Kelapa sawit Jantan Dan Betina

MENGENAL VAKSINASI PADA USAHA TERNAK ITIK

pemeliharaan itik masa grower/pertumbuhan